Kesehatan

9 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Magnesium

Jika tubuh anda merasakan lelah terus menerus, mata berkedut serta kejang otot, kemungkinan besar anda mengalami kekurangan Magnesium. Tubuh sangat membutuhkan adanya magnesium oleh karena itu kekurangan magnesium dapat menyebabkan penyakit serius. Oleh karena itu anda wajib tau beberapa tanda bahwa tubuh kekurangan magnesium.

Berikut ini adalah daftar gejala bahwa tubuh anda kekurangan magnesium.

Mendambakan makanan yang banyak mengandung gula
Keinginan yang membara untuk selalu makan makanan yang manis menunjukkan bahwa ada kekurangan mineral tertentu dalam tubuh, khususnya, magnesium. Kehilangan magnesium pada wanita sering berhubungan dengan menstruasi, dan pada atlet, untuk pelatihan intensif ketika tubuh menghabiskan magnesium pada kerja otot.

Nyeri Otot Dan Kram
Jika Anda sering mengalami Nyeri otot dan kram secara terus menerus, itu bisa menjadi pertanda kadar magnesium dalam tubuh anda rendah. Magnesium dan vitamin D, E, dan B dapat mencegah kram otot. Jadi kunjungi dokter Anda untuk memeriksa kadar vitamin ini dan pastikan Anda mendapatkan dosis harian yang direkomendasikan.Untuk meringankan gejala ini anda dapat memijat daerah yang sakit memutar secara perlahan.

Insomnia
Kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan insomnia. Magnesium sangat penting “relaksasi otak”. Yaitu Kemampuan otak untuk membantu kita untuk rileks dan tertidur dengan tenang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan kram otot. Ini menyebabkan sindrom kaki gelisah, suatu kondisi yang menyebabkan kaki bergetar di malam hari. Akibatnya, kualitas tidur Anda menurun.

Penyakit Tulang
Kekurangan magnesium juga dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah tulang. Ini dapat menyebabkan peningkatan risiko fraktur. Intinya adalah kekurangan magnesium dapat mengurangi tingkat kalsium dalam darah, dan kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Refluks Asam
Jika Anda memiliki kekurangan magnesium, makanan dan asam lambung kembali ke kerongkongan. Ini menyebabkan sensasi terbakar yang disebut acid reflux atau heartburn.

stress karena kekurangan magnesium
@pixabay.com
Stress dan Apatis
Magnesium adalah elemen penting terbentuknya sistem saraf yang kuat. Elemen ini bertanggung jawab untuk relaksasi. Dengan kekurangan magnesium dalam tubuh, seseorang akan merasakan kecemasan dan stres tanpa sebab. Jadi risiko depresi meningkat secara dramatis akibat kekurangan magnesium.

Konstipasi/Sembelit
Konstipasi dapat disebabkan oleh banyak hal, dari stres hingga kurang konsumsi serat. Magnesium memiliki efek relaksasi di banyak bagian tubuh, termasuk saluran pencernaan. Karena kurangnya magnesium ini, akan menyebabkan fungsi usus tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan sembelit.

Kelelahan
Magnesium sangat dibutuhkan untuk reaksi yang menciptakan energi dalam sel. Tanpa adanya magnesium, Anda tidak akan memiliki cukup energi pada tingkat sel. Ini dapat bermanifestasi sebagai kelelahan, kurang energi, dan kurangnya mobilitas.

Sakit Kepala Parah
Kekurangan Vitamin A,B,C dan D dapat menyebabkan sakit kepala yang cukup parah. Kekurangan magnesium juga dapat mengakibatkan migren dan sakit kepala yang cukup parah. Dengan kekurangan mineral ini, pembuluh darah di otak cepat menyempit dan mengembang, yang merupakan penyebab migrain. Jumlah magnesium yang cukup dalam tubuh mengurangi risiko perubahan dalam pembuluh darah dan menghilangkan sakit kepala.

Makanan apa yang memiliki kandungan magnesium yang tingi?
Diet seimbang dapat menyediakan kebutuhan harian tubuh akan magnesium. Banyak orang tidak mendapatkan cukup magnesium karena mereka menjalani gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini daftar makanan yang memiliki kandungan magnesium yang tinggi:

  • Kacang kacangan dan biji bijian
  • Sereal
  • Kacang Polong
  • Buah-buahan segar dan kering
  • Sayuran hijau
  • Ikan
APakah anda juga pernah mengalami tanda dan gejala kekurangan magnesium diatas, dan bagaimana cara anda mengatasinya? sharing ya di kolom komentar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close