Teknologi

Cara menghapus cache di iPhone atau iPad

Membersihkan sampah file di iPhone agar Space penyimpanan anda tidak cepat habis

iPhone dan iPad adalah perangkat yang mudah digunakan, tetapi file penyimpanan yang terbatas sesuai dengan kapasitas bawaan pabrik masih menjadi kendala. Memory yang terlalu penuh dapat memperlambat perangkat Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membersihkan cache, sampah dan penumpukan memori file di iPhone Anda dan bagaimana membuatnya berjalan sedikit lebih cepat.

Membersihkan sampah cache dan file yang tidak diperlukan, dapat meningkatkan kinerja ponsel anda.
selain itu dengan membersihkan memory yang tidak diperlkan bisa lebih fokus pada file dan aplikasi yang memamng benar-benar dibutuhkan. Perangkat Apple iOS mungkin tidak membutuhkan tingkat pemeliharaan yang sama seperti macOS atau juga perangkat windows, tetapi mereka masih perlu perhatian agar lebih optimal.

Langkah 1: Hapus cache Safari

Kita akan mulai dengan membersihkan cache di browser Safari. Dengan membersihkan cache di Safari anda otomatis anda akan logout dari semua web sedang anda buka. Ikuti langkah-langkah ini untuk membersihkan cache Safari di iPhone Anda:
– Buka Setting App, kemudian scroll ke bawah ke kelompok pilihan kelima. Ketuk Safari di bagian bawah grup ini.
– Scroll ke bawah lagi dan pilih ‘Clear History and Website Data’..
– Pilih ‘Clear History and Data’.

Langkah 2: Hapus data aplikasi iPhone / Ipad

Data yang disimpan oleh aplikasi lain dapat dibersihkan menggunakan opsi Usage di setting. Ikuti langkah berikut ini:
– Ketuk Setting > General > iPhone Storage. (Pada iPad, opsi terakhir akan diberi label iPad Storage.)
– Di bagian bawah layar Anda akan melihat aplikasi Anda, diatur berdasarkan jumlah penyimpanan yang mereka ambil. Pilih aplikasi yang menghabiskan banyak space.
– Lihatlah entri untuk Dokumen & Data. Jika ini membutuhkan lebih dari 500MB, Anda perlu menghapus dan menginstal ulang aplikasi untuk menghapus space.
– Ketuk Delete App, konfirmasi, lalu kunjungi App Store dan download ulang. Installasi yang baru akan bersih dari data dan dokumen yang menghabiskan space.

Langkah 3: Kosongkan memori dengan restart ulang iPhone atau iPad Anda

Untuk sebagian besar, iOS akan mengelola memori Anda secara efektif tanpa Anda harus melakukan apa pun. Tetapi kami menemukan bahwa me-restart iPhone sesekali adalah cara yang baik untuk menghapus memori dan memastikan bahwa aplikasi penting memiliki cukup ruang untuk digunakan.
Beginilah cara merestart ulang iPhone Anda:
– Tahan tombol power dibagian atas samping (di atas atau sisi kanan perangkat) sampai tulisan “slide to power off” muncul.
– Geser Slider Power Off tersebut.
– Tunggu hingga perangkat benar benar mati, lalu tekan dan tahan tombol Power untuk menghidupkan iPhone kembali.
Melakukan restart secara berkala terhadap perangkat iPhone anda akan sangat berguna, cara ini juga berguna untuk iphone model lama.

Langkah 4: Download App Cleaner

Ada berbagai aplikasi yang tersedia yang dapat membantu Anda menghapus file tidak Anda perlukan. Aplikasi ini biasanya didownload ke Mac atau PC Anda; kemudian hubungkan dengan iPhone Anda (atau iPad) dan dan aplikasi akan bekerja untuk membersihkan file yang tidak terpakai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close