Life Style

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing

Sebagai hewan peliharaan kucing hampir selalu setiap hari bersentuhan dengan kita. Untuk kucing yang sehat dan bersih tentunya tidak mengapa, akan tetapi jika ternyata kucing kita memiliki kutu tentu itu sangat mengganggu. Jika kucing anda di rumah juga memiliki kutu, sebaiknya anda segera cari tahu bagaimana cara menghilangkan kutu pada kucing di rumah.

Karena kucing sering berinteraksi dengan kita, tentu kutu kucing juga bisa menyerang kita. Oleh karena itu kita harus paham bagaimana cara menghilangkan kutu kucing agar kutu tidak menyerang kita. Sebenarnya kita bisa saja langsung membawanya ke dokter hewan tapi jika bisa kita lakukan sendiri dirumah tentu akan sangat menghemat waktu dan biaya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memberantas kutu pada kucing peliharaan kita.
1. Memandikan kucing menggunakan sampo khusus
Agar kucing terjaga kebersihannya, wajib dimandikan secara rutin agar selain badan kucing bersih juga agar tidak ada kutu serta telur kutu yang menempel di badan kucing. Jika kucing sudah terlanjur berkutu sebaiknya mandikan kucing dengan menggunakan shampo khusus untuk menghilangkan kutu.

2. Menggunakan Minyakj Telon
Percaya tidak percaya bahwa minyak telon ternyata tidak disukai oleh kutu. Untuk menghilangkan kutu pada kucing oleskan minyak telon pada tubuh kucing yang terdapat kutu.

3. Rajin Menyisir Bulu Kucing
Dengan menyisir bulu kucing setelah mandi maka kutu akan ikut terbawa oleh sisir sehingga kutu akan pergi dari bulu kucing. Sisir secara rutin kucing anda agar kutu tidak balik lagi hinggap di bulu kucing anda.

4. Menyemprot bulu kucing menggunakan campuran cuka.
Kutu tidak suka dengan cuka, oleh karena itu kita bisa menggunakan air yang dicampur dengan cuka untuk mengusir kutu pada kucing. Campurkan cuka dengan air hangat dengan perbandingan 50:50 kemudian masukkan ke dalam semprotan atau spray kemudian semprotkan ke bagian tubuh kucing. Saat menyemprot kucing usahakan untuk tidak mengenai mulut dan mata kucing.

5. Menggunakan Jus Lidah Buaya
Campurkan jus lidah buaya dan sedikit cabe rawit kemudian gunakan untuk menyemprot bulu kucing anda. Ternyata campuran jus lidah buaya ini cukup ampuh mengusir kutu kucing.

6. Vaksin Ivermectin
Vaksin ini berguna untuk membunuh kutu pada kucing, tapi sayangnya vaksin ini tidak dapat membunuh telur kutu sehingga diperlukan vaksin hingga 3 kali dengan jarak antara 3 hingga 4 minggu untuk hasil maksimal.

7. Menggunakan garam
Kutu kucing dapat dibasmi menggunakan garam, khususnya larva dan telur kutu. Caranya tambahkan garam pada air hangat kemudian gunakan larutan tersebut untuk merendam kucing.

8. Menggunakan obat tetes atau Spray anti kutu kucing
Sebaiknya gunakan obat tetes dan spray kucing khusus untuk kucing yang sudah dewasa, Obat ini biasanya digunakan pada leher dan tengkuk kucing agar tidak terjilat oleh kucing. Akan tetapi sebelum menggunakan cara ini usahakan baca terlebih dahulu aturan penggunaannya, jangan sampai salah dalam penggunaan sehingga malah menjadikan kucing keracunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close