OtomotifUncategorized

Kapan Sebaiknya Ganti Minyak Rem Pada Mobil?

Merawat Minyak Rem MobilPada kendaraan bermotor minyak memiliki peran penting dalam melumasi komponen pada sistem pengereman. Oleh karena itu harus diperhatikan dengan baik perawatannya untuk menjaga keselamatan dalam berkendara. Lalu bagaimanakah cara terbaik untuk merawat serta mengganti minyak rem pada mobil yang baik?

Menurut Stanley Tjhie, Businnes Diretor PT Laris Chandra, distributor tunggal STP dikutip dari laman kompas mengatakan sebaiknya minyak rem diganti secara berkala dua tahun sekali. Jika tidak diganti secara berkala dikhawatirkan akan berakibat menurunnya performa dari minyak rem tersebut.

Minyak rem dapat menyerap air dari kelembaban kelembaban udara yang dapat menyebabkan titik didih dari minyak rem akan menurun. Oleh karena itu jika lebih dari dua tahun tidak diganti maka kandungan air pada minyak rem akan semakin banyak. Dalam waktu dua tahun saja kandungan airnya sudah sekitar dua sampaia tiga persen. Semakin banyak kandungan air didalamnya maka akan menyebabkan titik didihnya semakin menurun. Sedangkan masih dikutip dari kompas.com menurut Dadi Hendriad, General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor, sebaiknya penbggantian minyak Rem dilakukan setiap 4.000 KM sesuai dengan jadwal service berkala atau dua tahun.

Akibat dari menurunnya titik didih minyak rem dapat mengakibatkan rem blong, hal itu dikarenakan minyak rem mendidih. Ini terjadi karena panas dari kaliper diteruskan ke minyak rem. Nah demikianlah sedikit tips merawat kendaraan khususnya mobil agar tidak mengalami blong dengan cara rutin mengganti minyak rem sesuai ketentuan.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close