Life Style

Kartu Nikah Inovasi Kementrian Agama Buat Menekan Angka KeMESUMan ?

Inovasi Dalam Negri

Heboh Kementerian Agama membuat terobosan baru dengan meluncurkan kartu nikah. Kartu ini akan diberikan kepada kedua mempelai pengantin, bersamaan dengan pemberian buku nikah usai dilaksanakannya akad nikah. Kartu nikah merupakan kartu identitas nikah berbasis teknologi informasi yang mudah dibawa dan memiliki akurasi data. Kartu nikah ini berbentuk seperti e-KTP hanya saja pada gambarnya berisi foto kedua mepelai. Nantinya, para pasangan suami istri tidak perlu repot-repot membawa buku nikah ketika bepergian, terutama untuk menginap di hotel atau tempat tempat lainya.

sorce: kementrian agama

Nah kali ini pembahasan akan di fokuskan tentang apa sih itu kartu nikah,dan berikut ini adalah penjabarannya:

1. Bukan pengganti buku nikah

kartu nikah tidak menggantikan keberadaan buku nikah, buku nikah tidak akan dihapuskan dan tetap menjadi dokumen resmi mengenai pencacatan nikah.

2. Terhubung ke aplikasi Simkah

Aplikasi Simkah merupakan kepanjangan dari sistem informasi manajemen nikah berisi mengenai pencatatan atau pendaftaran nikah secara digital. Apliksi ini dapat diunduh di simkah.kemenag.go.id.

sorce: antara

3. Pasangan baru dapat dua dokumen

Pasangan yang baru menikah akan mendapatkan dua dokumen, yakni buku nikah dan kartu nikah. Setelah penghulu mencatat akad nikah, kemudian akan diterbitkan buku nikah dan kartu nikah.

4. Penerbitan kartu nikah di lakukan secara Bertahap

Penerbitan kartu nikah diprioritaskan bagi pasangan baru yang menikah. Namun, bagi pasangan yang sudah menikah juga akan mendapatkan kartu nikah secara bertahap.

5. Model kartu nikah

Kartu nikah diharapkan dapat lebih simpel dibandingkan buku nikah dari segi bentuk. Menurut dia, kartu nikah nantinya dapat disimpan di dalam dompet seperti ATM maupun KTP,, sehingga dapat dengan mudah dibawa ke mana-mana.

sorce: kementrian agama

Nah itulah sedikit pembahasan tentang kartu nikah, nah dengan begini para pecandu perselingkuhan semoga bisa di minimalisir modusannya, dan saya kok berharap kedepan mending kartu nikah di jadikan pengganti ktp saja, sehingga buat yang masih beneran lajang cukup dengan menunjukkan ktp saja, sudah bisa memperkuat bukti kelajangannya.

Eh,ada yang mau nambahin apa gitu enggak nih,share pendapatmu di kolom komentar.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close