Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Daun Kelor dikenal juga dengan nama merunggai (Moringa oleifera) merupakan sejenis tanaman dari suku Moringaceae. Daun ini sering dihubungkan dengan dunia mistis, bagi penganut dunia mistis daun kelor dipercaya sebagai tumbuhan sakti yang dipercaya mampu mengalahkan makhluk halus. Mengesampingkan soal mistis sebenernya manfaat daun kelor bagi kesehatan juga cukup banyak.

Untuk kesehatan daun kelor dipercaya mampu mengobati berbagai masalah kesehatan, oleh karena manfaat nya tersebut oleh para ilmuwan daun ini sering disebut juga sebagai “Miracle Tree”. Manfaat daun kelor bagi kesehatan tersebut dikarenakan daun kelor mengandung berbagai zat yang berguna bagi kesehatan diantaranya ;

  • Daun Kelor Mengandung Vitamin C 7x lipat lebih banyak daripada jeruk.
  • Vitamin A Yang terkandung pada tumbuhan ini 4x lipat lebih banyak dibandingkan wortel.
  • Menmgandung Potasium 3x lipat lebih banyak daripada pisang.
  • Memiliki kandungan protein 2x lipat protein dibanding susu.
  • Kalsium yang terkandung didalamnya 4x lipat daripada susu.

Selain memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tumbuhan yang juga dikenbal sebagai daun  merunggai ini juga bermanfaat untuk kecantikan juga.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan

Menjaga Berat Badan
Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, teh daun kelor memiliki manfaat untuk menangani masalah pencernaan. sehingga bisa dipakai untuk mencaga berat badan.  Teh dari bahan tersebut memiliki kandungan polyphenol yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu membuang racun dalam tubuh sehingga dapat memperkuat sistem imunitas tubuh.

Menyehatkan kulit
Kandungan vit C dan juga Antioksidannya bermanfaat untuk mencegah jerawat dan mampu menghaluskan kulit tubuh jika dikonsumsi secara teratur

Memperkuat dan Menjaga Kelembaban Rambut
Selain menjaga berat badan, mengkonsumsi teh daun kelor juga dapat memperkuat rambut dan mampu menjadikan rambut menjadi lebih kuat, lebih mengkilap dan sehat.

Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah
Karena mengandung beberapa nutrisi seperti besi, tembaga, seng, silika, mangan, dan magnesium yang bisa berfungsi sebagai bahan pelembab alamai maka daun kelor sering digunakan sebagai bahan kosmetik di beberapa negara. Selain itu dengan rajin mengoleskan tumbukan daun kelor yang masih muda bisa mengangkat sel sel kulit yang telah mati.

Menunda Penuaan dini
Dari beberapa penelitian disimpulkan bahwa suplementasi dari daun kelor dan bayam dapat meningkatkan antioksidan yang signifikan sehingga memiliki peran penting untuk memperlambat proses penuaan.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Mengobati rematik
Rasa sakit pada sendi yang timbul karena penyakit rematik dan menumpuknya asam urat dapat berkurang dengan mengkonsumsi daun kelor, selain itu juga dapat mengatasi pegal linu , nyeri dan gangguan lainnya.

Mengatasi alergi
Dengan merebus tiga gagang daun kelor, yang ditambahkan pulasari secukupnya, dan juga satu siung bawah, serta 3 gelas air yang dibiarkan airnya sampai tersisa dua gelas, kemudian disaring dan diminum setiap hari dengan rutin. dapat mengatasi alergi.

Mengobati Cacingan
3 gagang daun kelor yang dicampurkan dengan 1-2 batang meniran serta 1 batang daun cabe yang direbus menggunakan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas dan diminumkan kepada anak yang terkena cacingan dapat membunuh cacing yang ada dalam perut anak-anak.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
Kandungan zat hiocarbamate glikosida, nitrile, serta glikosida minyak mustard yang terdapat pada daun kelor mampu mencegah kolesterol tinggi seta menjaga kadar darah, hal ini dikemukakan oleh Tati Winarto (seorang pakar herbal).

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Sifat anti inflamasi yang terdapat pada daun kelor dapat mencegah serta mengobati sakit maag, keluhan pencernaan, infeksi, dan kerusakan pada ginjal.

Penggunaan umum minyak kelor juga bisa membantu meningkatkan fungsi hati, dikarenakan kandungan zat zat yang terdapat pada tumbuhan ini mampu melakukan detoksifikasi racun dan zat berbahaya yang ada dalam tubuh. Sehingga bermanfaat untuk mengatasi penyakit diare, sembelit, batu ginjal, serta infeksi saluran kemih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close