Life Style

Pengertian Kain Lurik Dan Sejarahnya

Belajar Fashion Tingkat Dasar

Kain lurik merupakan kain tenun yang memiliki motif garis-garis searah memanjang sepanjang ukuran kain. Asal mula nama Kata lurik diambil dari bahasa jawa yaitu lorek yang berarti lajur atau garis serta dapat pula di artikan sebagai corak. Kain lurik ini memiliki nilai sejarah yang amat sangat tinggi terutama di wilayah Yogyakarta serta Jawa tengah. Kain lurik yang merupakan kain tradisional ini diperkirakan ada sejak jaman kerajaan Mataram yang dibuktikan dengan adanya prasasti yang manusia yang mengenakan kain lurik.

source : youtube

Pada dasarnya lurik ini memiliki 3 motif dasar, di ataranya :

1. motif pakan malang yang memiliki garis-garis searah lebar kain.

source : youtube

2. motif lajuran dengan corak garis-garis panjang searah sehelai kain.

source : youtube

3. motif cacahan adalah lurik dengan corak kecil-kecil.

source : youtube

Pada awalnya, motif lurik masih sangat sederhana dan warnanya pun masih hitam serta putih atau kedua warna ini di kombinasikan. Dahulu kala, kain lurik ini banyak digunakan masyarakat sebagai pakaian sehari hari. Untuk wanita di kenakan dalam bentuk kebaya, sedangkan untuk pria sebagai sorjan. lalu di perkembangannya kain lurik juga dibuat sebagai bahan selendang yang berfungsi untuk menggendong tenggok yang biasa di sebut gengan gendong.

source : youtube

Kain lurik ini biasanya terbuat dari bahan serat kapas,serat kayu, serat sutera, serta ada juga yang menggunakan serat sintetis. Secara tradisional pembuatan kain ini menggunakan alat tenun bukan mesin atau di singkat ATBM. Proses pembuatanbenangya harus masih di proses secara tradisional, dancara memintal serat benangnya manual dengan tangan.

source : youtube

Perkembangan kain lurik kini semakin beragam dari sisi warna serta motifnya. dan teha menjadi ikon untuk fashion khas terutama dari indonesia. Jika dulu kain lurik hanya digunakan untuk baju, kita banyak di aplikasikan pula ke dalam bentuk tas, dompet sepatu dan lain lain.

source : youtube

Nah itulah sedikit pembahasan tentang kain lurik, mungkin ada yang mau nambahin, bisa share di kolom komentar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close